Jangan Beri Peluang

Pemilukada di Flores
Oleh FRANS OBON

Pemerintah Manggarai Barat ingin melihat dan mendengar dari rakyat mengenai rencana investasi tambang di Waning, Kecamatan Kuwus. Sebelumnya Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula telah menerbitkan surat untuk memberitahu kepada para investor tambang agar menghentikan aktivitas tambang. Dia memberi kesempatan selama sebulan agar pebisnis tambang perlahan-lahan menghentikan aktivitas mereka.

Sebagai bagian dari langkah serupa, Wakil Bupati Manggarai Barat Maximus Gasa pada Jumat (8/10) pergi ke lokasi tambang di Waning (Flores Pos edisi 9 Oktober 2010). Dia ingin berdialog dengan masyarakat di sekitar lingkar tambang. Dia mau menjelaskan alasan pemerintah menerbitkan surat penghentian aktivitas tambang di Manggarai Barat.

Namun dalam dialog itu, terjadi perbedaan pendapat yang tajam antara satu dua orang. Selisih pendapat itu dapat diselesaikan dengan baik.

Bisalah dipahami adanya perbedaan pendapat tersebut. Karena investasi tambang di Flores dengan sikap royal pemerintah yang memberikan izin usaha atau memberi kuasa pertambangan (KP) telah menjadi perdebatan serius dan memakan energi rakyat Flores.

Perdebatan dan perjuangan yang memakan energi itu telah menimbulkan perbedaan sikap dan cara pandang di kalangan masyarakat. Ada masyarakat yang pro karena ada perhitungan tertentu. Namun yang kontra melihat masalah ini lebih luas daripada sekadar perhitungan kepentingan jangka pendek baik dalam konteks penerimaan pemerintah maupun pilihan untuk memberikan kesejahteraan kepada rakyat.

Perbedaan pendapat seperti ini lumrah untuk kehidupan bersama. Semua perbedaan pendapat harus dipandang dalam konteks untuk mencari dan menemukan kebenaran. Untuk menilai bernas atau tidaknya konsep dan gagasan membangun kesejahteraan rakyat yang diperjuangkan melalui tambang. Perdebatan soal tambang harus dilihat dalam konteks ini.

Namun kita tetap mengingatkan bahwa ukuran untuk menilai perlu tidaknya kita menjatuhkan pilihan pada tambang atau tidak harus dilihat dalam spektrum yang lebih luas. Harus dilihat dalam konteks dan pandangan yang jauh ke depan. Ukuran utama dalam hal ini adalah kebaikan bersama. Jangan karena kepentingan dan keuntungan sesaat dari sekelompok orang baik itu yang punya kuat kuasa maupun segelintir masyarakat, kita mempertaruhkan nasib masyarakat lainnya dan generasi masa depan.

Dukungan politis yang diberikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat setempat dan pendampingan oleh Komisi Keadilan dan Perdamaian Gereja Katolik Flores atau berbagai usaha dari kelompok-kelompok yang peduli dengan masa depan Flores haruslah dipandang dalam konteks perjuangan untuk kebaikan bersama itu. Yakni kebaikan masyarakat Flores sendiri.

Masyarakat Flores hendaknya melihat bahwa bantuan dari orang lain agar mereka melihat lebih jeli dan berpikir lebih serius mengenai pilihan dan prioritas pembangunan yang diambil para pemimpinnya adalah tanda adanya kepedulian terhadap nasib rakyat Flores.

Dalam konteks perjuangan ini, rakyat Flores tidak boleh memberi peluang bagi pihak lain untuk memperlebar konflik di masyarakat. Rakyat Flores harus disadarkan pula bahwa perbedaan pandangan dalam hal tambang tidak boleh memecah belah rasa persaudaraan mereka. Mereka harus tetap sadar bahwa selalu ada kemungkinan mereka diadudomba oleh kepentingan-kepentingan tertentu yang dilakukan oleh tangan-tangan tersembunyi. Sekali lagi, jangan beri peluang untuk lahirnya konflik di antara masyarakat.

Bentara, edisi 11 Oktober 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s