Cincin Emas untuk Pater Roosmalen SVD

Oleh FRANS OBON

pater roosmalen svd

PEMERINTAH Kabupaten Manggarai menganugerahkan cincin emas kepada Pater Roosmalen SVD atas pengabdian, dedikasi, komitmen dan perjuangannya untuk kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Manggarai pada perayaan Hari Guru, 25 November 2013. Bersamaan dengan ini, pada usianya yang ke-93 tahun, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) St Paulus Ruteng diberi izin operasional oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi untuk membuka Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) St Paulus Ruteng. Pemberian izin tersebut melapangkan jalan bagi STKIP St Paulus Ruteng untuk menjadi sebuah universitas kelak, apalagi STIKP Ruteng telah memiliki beberapa program.

STKIP St Paulus Ruteng pada awalnya adalah sebuah kursus kateketik untuk menghasilkan tenaga pastoral di dalam Gereja Katolik. Sejalan dengan perkembangan zaman, sekolah ini menjadi Akademi Pendidikan Katektik (APK) St Paulus Ruteng. Para mahasiswanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mutunya tidak dapat diragukan lagi. Melalui seleksi yang ketat mulai dari kemampuan intelektual, kepribadian, hingga integritas, sekolah ini pada akhirnya melahirkan para pemimpin di kelompok awam Katolik yang tangguh. Tamatan sekolah ini menjadi tokoh dan pemimpin di level akar rumput dan banyak di antaranya berkiprah pada kehidupan politik dengan menjadi anggota DPRD setempat pada masa Orde Baru.

Perkembangan zaman kemudian mendorong sekolah ini berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) St Paulus Ruteng. Ribuan orang telah tamat dari lembaga pendidikan ini dan tersebar di seluruh antero nusantara. Dan melalui perjuangan dan kerja sama dengan berbagai pihak, dalam peluh dan barangkali juga dalam tangis, sekolah ini tertatih-tatih berjuang untuk menjadi sebuah universitas, padahal usianya terbilang cukup tua di Flores. Saat ini telah ada harapan, keinginan untuk menjadi sebuah universitas sudah terbuka lebar.

Pada usia yang ke-93 tahun dan di tengah harapan STKIP St Paulus menjadi sebuah universitas, Pater Roosmalen misionaris Belanda ini mendapatkan penghargaan cincin emas, yang diberikan dalam sebuah upacara sederhana di kediamannya. Penganugerahan cincin emas ini menunjukkan bahwa negara mengakui dan menghargai jasa-jasa Gereja Katolik dalm bidang pendidikan, kendati penghargaan ini diberikan oleh pemerintah lokal.

Gereja Katolik di bawah misionaris-misionaris awal dari Serikat Sabda Allah (Societas Verbi Divini/SVD) memang berkomitmen membangun Flores dari segala segi. Agama Katolik tidak hanya mewartakan Injil, menjanjikan keselamatan, tetapi menebarkan benih-benih modernisasi dalam kehidupan masyarakat Flores khususnya dan Nusa Tenggara umumnya. Gereja Katolik menyediakan dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi generasi muda Flores untuk mengenyam pendidikan agar mereka bisa maju dan berkembang. Pendidikan di Flores sejak awal berjalan dan berlangsung secara egaliter. Semua orang diberi kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Bukan hanya laki-laki tetapi juga perempuan. Semua usaha dan kerja keras ini lahir dari pemberian diri yang total dan dibangun di atas komitmen yang teguh agar Flores bisa berdiri sejajar dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Agar Flores berjalan dengan wajah tegak.

Tetapi politik negara yang dilatari oleh berbagai kepentingan politik pula seringkali ingin mengaburkan dan “melupakan” pencapaian-pencapaian ini. Tidak terkecuali oleh pemerintahan lokal di Flores. Dalam 100 tahun kehadiran SVD di Flores, ada sebuah pengakuan sederhana, yang diwujudkan dalam diri Pater Roosmalen SVD. Gereja tentu saja tidak haus akan pengakuan, sebab memajukan masyarakat Flores dalam berbagai segi telah menjadi komitmen Gereja Katolik. Gereja Katolik adalah ibu yang melahirkan dan membesarkan, tetapi tidak pernah menuntut apapun. Dia memberi diri sampai total. Pemberian diri itulah yang dilakukan Pater Roosmalen SVD untuk kemajuan pendidikan di Manggarai. Pengabdiannya adalah bagian integral dari komitmen Gereja Katolik Flores. Jadi, kita ucapkan selamat kepada Pater Roosmalen SVD.

Bentara, 27 Noevmber 2013

Satu pemikiran pada “Cincin Emas untuk Pater Roosmalen SVD

  1. Ping-balik: Menghalau Gelap Budi | SENTILAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s