Perketat Kontrol Internal

Pejabat pemerintah Manggarai meninjau lokasi banjir di Reo.
Pejabat pemerintah Manggarai meninjau lokasi banjir di Reo.

Oleh FRANS OBON

Dalam apel pagi, Senin (3/2/2014) Wakil Bupati Manggarai Deno Kamelus mengumumkan nama-nama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum menyelesaikan evaluasi rencana kerja tahun (RKT) 2013. Wabup Deno menyebutkan empat alasan yakni (1) adanya keterbatasan sumber daya untuk melakukan evaluasi sehingga pekerjaan tidak cepat diselesaikan; (2) mungkin memiliki kapasita tetapi menganggapnya tidak penting. Karena itu SKPD cenderung mengabaikan dan tidak menjadikannya prioritas untuk dikerjakan; (3) SKPD bekerja dengan suatu sistem sehingga jika satu bagian terganggu, otomatis mengganggu sistem secara keseluruhan; (4) akuntabilitas dipertanyakan oleh rakyat (Flores Pos, 5 Februari 2014).

Hal kedua adalah permintaan Bupati Manggarai dalam sambutan pelantikan pejabat eselon IV yang dibacakan Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Manggara Kasmir Sakir pada saat pelantikan pejabat eselon IV di Ruteng. Bupati minta para pejabat agar disiplin dalam menjalankan tugas, memahami tugas dan kewajiban, serta menggunakan waktu luang untuk membaca aneka aturan demi meningkatkan sumber daya. Hal-hal ini penting untuk menambah kapasitas dan kemampuan diri sehingga profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat (Flores Pos, 5 Februari 2014).

Belakangan ini birokrasi kita memang sering disoroti secara tajam terutama dalam hal pengelolaan program-program pemerintah pada SKPD-SKPD. Ada banyak masalah di dalam pengelolaan program pemerintah yang ditemukan baik mengenai kualitas pekerjaan, pencapaian target, dampak positif bagi masyarakat maupun urusan dengan lembaga penegakan hukum. Ada alasan yang bisa dimaafkan dan ada alasan yang tidak bisa diterima. Sebab ada sebagian besar program tidak terlaksanakan dengan baik dan tidak mencapai hasil maksimal, bahkan berujung pada masalah hukum disebabkan oleh keteledoran dan kelalaian sendiri.

Publik memang bertanya di mana letak soal sebenarnya sehingga banyak proyek kita tidak bermutu, tidak bertahan lama, mubazir, dan bahkan pemilik dan pelaksana program terjerat masalah hukum. Dari dua fakta yang disebutkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Manggarai itu sesungguhnya ada tiga kata kunci, yakni disiplin, kapasitas, dan koordinasi.

Disiplin adalah faktor penting dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi seluruh pekerjaan. Kita setuju dengan langkah penegakan disiplin yang telah dilakukan oleh bupati dan wakil bupati di beberapa daerah di Flores dan Lembata. Disiplin bukan saja menyangkut kehadiran tepat waktu, tetapi disiplin dalam cara bertindak, bertutur, dan menjalankan program. Disiplin adalah taat asas sehingga tidak mudah berimprovisasi dalam melaksanakan tugas. Namun disiplin harus ditunjang oleh kapasitas. Banyak sekali kekeliruan terjadi karena kita tidak pernah belajar dari pengalaman sehingga terus menerus jatuh pada masalah yang sama. Kita seringkali tidak membarui diri dan melengkapi diri dengan aturan-aturan. Mutu bisa dilihat dari kualitas hasil kerja. Tidaklah benar mutu kerja yang bagus dilahirkan oleh tangan yang tidak memiliki kapasitas mumpuni.

Koordinasi adalah akar lain dari timbulnya karut marut dalam birokrasi kita. Birokrasi telah memiliki perangkat yang lengkap, tetapi karena koordinasi lemah, maka perangkat ini berjalan sendiri-sendiri. Koordinasi terkait dengan kontrol terhadap pekerjaan. Koordinasi dan kontrol tidak saja dilakukan di tingkat SKPD, tetapi juga dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati.

Koordinasi dan kontrol adalah salah satu hal yang mencerminkan kualitas kepemimpinan. Jika koordinasi dan kontrol dilakukan dengan baik, niscaya birokrasi kita tidak akan terjerat pada masalah yang sama. Karena itu memperketat kontrol secara internal adalah jalan lain agar birokrasi kita tidak terjerat dengan banyak masalah.

Bentara, 6 Februari 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s