YOGA Jilid II

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur, 14 Februari 2014
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur, 14 Februari 2014

Oleh FRANS OBON

Ketika melantik Bupati Yoseph Tote dan Wakil Bupati Andreas Agas di Borong, 14 Februari 2014, Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya dalam sambutannya memberikan empat pesan sekaligus tugas kepada Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur ini yakni (1) masalah tanah calon lokasi bandara Tanjung Bendera perlu segera diselesaikan sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari dan menghambat pembangunan; (2) membangun usaha perhotelan dalam kerja sama dengan dunia usaha dan masyarakat dalam kaitan dengan pengembangan pariwisata; (3) pembangunan infrastruktur jalan sehingga memudahkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat; (4) pembangunan sarana air bersih (Flores Pos 15 Februari 2014).

Hampir sebulan setelah dilantik untuk periode kedua, Yoga — akronim politik pasangan Yoseph Tote-Andreas Agas sejak periode pertama — meluncurkan gerakan pembaruan di dalam tubuh birokrasi dengan mewajibkan setiap kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menandatangani pakta integritas pada Rabu 5 Maret 2014 (Flores Pos 8 Maret 2014). Tujuan penandatanganan pakta integritas ini adalah dalam konteks penataan budaya kerja yang baik, taat asas, dan disiplin untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

Pakta integritas itu berisi tiga poin penting: (1) tidak melakukan praktik kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) dan akan dilaporkan kepada pihak berwajib/berwenang jika terdapat indikasi KKN dalam proses lelang; (2) melaksanakan tugas dengan bersih, transparan, dan profesional dengan mengerahkan segala kemampuan dan sumber daya secara optimal untuk memberikan hasil kerja yang baik; (3) jika melanggar poin 1 dan 2, pimpinan SKPD siap diganti dan diberi sanksi administratif, dituntut ganti rugi dan pidana sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

pelantikan bupati matim1Pada periode pertama Yoga atau Yoga Jilid I, masalah disiplin dan taat asas dalam pengelolaan anggaran sudah menjadi keluhan Bupati. Pernah sekali puluhan pegawai negeri sipil “dijemur” selama 2 jam pada siang hari terkait dengan disiplin kerja. “Kalau dibiarkan, akan menjadi kanker,” kata Bupati (Flores Pos, 7 November 2012). Namun jauh sebelumnya, Bupati Yoseph Tote pernah mengatakan bahwa pejabat pemerintah yang tidak berprestasi dan hanya menciptakan masalah diganti oleh pejabat yang lebih berprestasi dan pejabat yang bekerja tanpa pamrih (Flores Pos, 5 Desember 2011). Tetapi, para pejabat itu adalah pilihan bupati dan wakil bupati sendiri dengan segala pertimbangan yang melatarinya (Bentara Flores Pos, 6 Desember 2011).

Persoalan Manggarai Timur sebagai daerah baru, seperti halnya pula dengan daerah baru lainnya, justru terletak pada persoalan yang disebutkan dalam pakta integritas, yang telah ditandatangani pimpinan SKPD tersebut. Penyelesaian masalah lokasi bandara, pembangunan infrastruktur, sarana air bersih, dan pengembangan pariwisata, serta sektor pembangunan lainnya, terletak pada poin-poin yang ada dalam pakta integritas itu. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK terhadap pengelolaan anggaran pemerintah Manggarai Timur adalah cermin besar untuk menilai kinerja pemerintah Yoga Jilid I. Kemampuan pemerintah Manggarai Timur, terutama kepiawaian Bupati mendatangkan dana, harus disertai dengan kecakapan dan keterampilan pengelolaan anggaran yang dilakukan oleh masing-masing SKPD. Yoga Jilid II adalah kesempatan kedua Bupati Yoseph Tote untuk secara serius melakukan reformasi birokrasi terutama dalam pengelolaan anggaran sehingga dalam lima tahun kedua penilaian atas laporan keuangan pemerintah Manggarai Timur menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Itulah hasil maksimal dari penandatanganan pakta integritas itu.

Bentara, 10 Maret 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s