Forum Puskopdit NTT Resmi Dibentuk

Ketua, pengurus dan manajer Pusat Koperasi Kredit Nusa Tenggara Timur bergabar bersama usai pertemuan di Puskopdit Flores Mandiri Kabupaten Ende.
Ketua, pengurus dan manajer Pusat Koperasi Kredit Nusa Tenggara Timur bergambar bersama usai pertemuan di Puskopdit Flores Mandiri Kabupaten Ende.

Oleh FRANS OBON

ENDE — Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) di wilayah Flores, Timor dan Sumba dalam pertemuan, Rabu (11/2/2015) di Puskopdit Flores Mandiri resmi membentuk sebuah forum bersama yang diberi nama Forum Puskopdit NTT. Forum serupa dengan nama Forum BK3D Regio NTT pernah dibentuk beberapa tahun silam, tetapi forum ini kemudian tidak berjalan.

Namun sejalan dengan pertumbuhan koperasi kredit yang begitu pesat dalam beberapa tahun belakangan baik dalam jumlah anggota maupun pertumbuhan aset, gerakan koperasi kredit di wilayah NTT memandang perlu dibentuk sebuah forum bersama dengan berbagai agenda kerja dan kegiatan ke depan.

Data per 31 Desember 2014 menyebutkan, Puskopdit Swadaya Utama Maumere dengan 46 koperasi kredit primer memiliki aset Rp1,05 triliun lebih dengan jumlah anggota 203.337, Puskopdit Timor dengan 27 kopdit primer memiliki aset Rp599,8 miliar lebih dengan anggota 69.450, Puskopdit Flores Mandiri dengan 45 kopdit primer memiliki aset Rp880,3 miliar lebih dengan anggota 117.153, Puskopdit Manggarai dengan 38 kopdit primer memiliki aset Rp119,7 miliar lebih dengan anggota 43.271 dan Sumba dengan 9 kopdit primer memiliki aset Rp13,5 miliar lebih dengan 6.327 anggota. Total aset Forum Puskopdit NTT sebesar Rp2,6 triliun lebih dengan jumlah kopdit 165 dan anggota 439.538 orang.

Romanus Woga
Romanus Woga

Pertemuan yang dihadiri badan pengurus, ketua dan manajer Puskopdit dari seluruh NTT ini berhasil memilih Ketua Puskopdit Swadaya Utama Maumere, Romanus Woga sebagai Ketua Forum Puskopdit NTT dan Sekretaris Forum Lambertus Kaha. Romanus Woga sendiri sudah berkiprah di tingkat internasional dan nasional. Romanus telah dua periode (2012-2014 dan 2014-2016) menjabat Wakil Presiden ACCU Bangkok dan dua periode (2010-2013 dan 2013-2016) menjabat Ketua Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) Jakarta.

Ketua Forum Puskopdit NTT Romanus Woga mengatakan, pengurus Inkopdit Jakarta telah bertemu Menteri Koperasi untuk menyampaikan undangan agar menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Inkopdit Tahun Buku 2014 di Surabaya pada Mei 2015. Agenda berikutnya yang mesti disikapi oleh Forum Puskopdit NTT adalah perayaan Hari Koperasi Nasional tahun 2015 yang diselenggarakan di Kupang dan akan dihadiri Presiden Jokowi.

“Forum Puskopdit NTT berkepentingan untuk memberikan pendapat, saran dan rekomendasi kepada pemerintah terkait gerakan koperasi di Indonesia. Forum akan menampung semua aspirasi anggota dan masyarakat serta melakukan berbagai advokasi terkait dengan koperasi,” kata Romanus di Puskopdit Flores Mandiri, Rabu (11/2/2015).

Dalam waktu dekat ini, kata Romanus, Forum akan bertemu dengan Gubernur NTT terkait perayaan Hari Koperasi Nasional di Kupang. Dalam kesempatan ini Forum akan memberikan masukan dan saran kepada Gubernur.

“Kami akan menyampaikan kepada Gubernur agar ada Perda Pemberdayaan Koperasi di setiap kabupaten, ada standar tertentu yang mesti dipatuhi untuk mendapatkan legalitas dari pemerintah, ada keringanan pajak bagi koperasi, dukungan pemerintah bagi capacity building manajemen koperasi, pemberian dana pemerintah kepada masyarakat tidak boleh melemahkan semangat kemandirian dan mengusulkan kepada pemerintah agar ada Hari Koperasi Kredit Indonesia serta mengusulkan Pater Karim Albrecht SJ sebagai Bapak Koperasi Kredit Indonesia,” kata Romanus.

Wadah Syering

Sementara itu Manajer Puskopdit Flores Mandiri Mikhael Hongkoda Jawa mengatakan, Forum Puskopdit NTT ini akan menjadi wadah strategis untuk berbagi pengalaman di antara Puskopdit di NTT, sekaligus menjadi tempat berbagi informasi dan mengadvokasi berbagai kebijakan yang bertentangan dengan jati diri gerakan koperasi.

Mikhael Hongkoda Jawa
Mikhael Hongkoda Jawa

“Forum Puskopdit NTT ini akan menghidupkan dan menumbuhkembangkan semangat dan jati diri koperasi kredit, membangun kebersamaan dan persaudaraan.

Pertemuan dan pembentukan Forum Puskopdit NTT adalah sebuah peristiwa sejarah dan kembali menjadikan Ende sebagai sebagai tempat untuk membangun kembali semangat yang pernah dihidupkan dulu. Karena itu sebagai tuan rumah, pertemuan dan pembentukan Forum Puskopdit NTT di Puskopdit Flores Mandiri adalah sebuah penghargaan, sekaligus sejarah,” kata Mikhael.

Forum Puskopdit NTT sepakat bahwa pertemuan akan diadakan dua kali setahun atau enam bulan sekali dengan tempat pertemuan dilakukan secara bergilir. Pertemuan berikutnya akan berlangsung di Puskopdit Swadaya Utama Maumere.

Flores Pos, 12 Februari 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s