Uskup Agung Ende Canangkan Muspas VII

Oleh FRANS OBON

Uskup Vincent Sensi Potokota mencanangkan Muspas VII ditandai pemukulan gong, Minggu (1/3/2015)
Uskup Vincent Sensi Potokota mencanangkan Muspas VII ditandai pemukulan gong, Minggu (1/3/2015)
MBAY – Uskup Agung Ende Mgr Vincent Sensi Potokota mencanangkan dimulainya proses Musyawarah Pastoral (Muspas) VII di Mbay, Kabupaten Nagekeo, Minggu, 1 Maret 2015. Muspas VII akan berlangsung di Mbay, 7-11 September 2015.

Perayaan ekaristi meriah digelar sebelum Uskup Sensi memukul gong tanda dimulainya proses Muspas VII. Lima tahun lalu, Juli 2010, Muspas VI diadakan di Ende, Kabupaten Ende, dihadiri 400 lebih utusan dari berbagai paroki, kelompok kategorial, komisi-komisi keuskupan, dan organisasi-organisasi Katolik serta para peninjau.

Sebagaimana dilaporkan media setempat, Flores Pos (2/3/2015), Uskup Sensi Potokota dalam kotbahnya mengatakan, Musyawarah Pastoral diadakan untuk menanggapi keprihatinan sosial pastoral umat di Keuskupan Agung Ende. Keuskupan dalam Muspas hendak mencari jawaban terhadap keprihatinan umat mengenai kehidupan menggereja dan tanggapan gereja terhadap masalah-masalah sosial yang dihadapi masyarakat umumnya.

Perayaan ekaristi pencanangan Muspas VII yang dipimpin Uskup Vincent Sensi Potokota.
Perayaan ekaristi pencanangan Muspas VII yang dipimpin Uskup Vincent Sensi Potokota.

“Allah yang tahu persis apa yang dibutuhkan termasuk mengetahui apa yang dicemaskan dalam kehidupan dan apa yang harus dibuat dalam kehidupan. Hanya dengan tinggal dalam Dia, tidak ada yang mustahil. Tuhan satu-satunya jawaban,” kata Uskup.

Sekretaris Uskup, Romo Efrem Pea Pr membacakan Surat Keputusan Uskup Agung Ende Nomor 006/SK/KUS/II/2015 tentang Pembentukan Panitia Musyawarah Pastoral VII Tahun 2015 dan pembacaan Maklumat Pencanangan Muspas VII Keuskupan Agung Ende.

Bupati Nagekeo, Elias Djo mengatakan Gereja memiliki peran penting dalam pembangunan. Karena itu masyarakat Nagekeo sangat siap menyukseskan Muspas VII di Mbay dan panitia akan melibatkan penganut agama lainnya yang ada di Kota Mbay. Seluruh pejabat dan pegawai pemerintahan dan masyarakat akan ambil bagian dalam pertemuan Muspas VII.

Anggota Koor pada perayaan ekaristi pencanangan Muspas VII.
Anggota Koor pada perayaan ekaristi pencanangan Muspas VII.

Uskup Sensi memuji komitmen dan sambutan baik pemerintah Kabupaten Nagekeo dan umat Katolik di Mbay untuk menyukseskan penyelenggaraan Muspas VII. “Komitmen pemerintah, panitia dan umat Katolik sungguh menggembirakan termasuk rencana untuk melibatkan umat dari berbagai agama. Saya dan kita semua doakan agar daerah ini semakin maju dan berkat Tuhan senantiasa hadir,” kata Uskup Agung ini.

Berita terkait:
Surat Gembala Prapaskah Uskup Agung Ende tentang Muspas VII

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s